12 October 2006

Kedai De Jons Burger & Torry Coffee VS Warung Kopi WAFA

Suatu malam minggu saya dan suami berkunjung ke dua tempat tersebut di atas yang berlokasi di Jl. Tebet Utara III. Cuma bedanya yang satu terletak di ujung depan (Warkop WAFA) dan yang satu di ujung belakang (De Jons Burger & Torry Coffee).

Persamaan dari kedua tempat ini adalah tempat makan, nongkrong sekaligus "ngeceng" pemuda-pemudi Tebet dan sekitarnya.

Perbedaannya:
1. Jelas jenis makanan yang ditawarkan berbeda...
Kedai De Jons Burger & Torry Coffee menjual hamburger dan ice coffee khas negeri Paman Sam, sedangkan Warkop WAFA menjual indomie rebus, indomie goreng, roti bakar, pisang bakar, STMJ, dan es kopi ala Indonesia yang dimodifikasi gaya Londo (maksudnya ditambahin keju, susu kental manis atau kornet)
2. Harga makanan .... Warkop WAFA benar-benar warung yang murah meriah, hanya dengan Rp. 13.000, saya dan suami sudah bisa makan malam dengan kenyang dan puas! Sedangkan Kedai De Jons Burger & Torry Coffee, untuk ukuran kedai yang ada di pinggir jalan (baca: kaki lima) termasuk mahal karena kami harus menghabiskan uang kira-kira Rp. 60.000 untuk dapat makan dengan kenyang.
3. Perbedaan lain yang lumayan kentara adalah strata sosial dari pemuda-pemudi yang berkunjung untuk makan, nongkrong dan ngeceng di tempat-tempat tersebut. Kedai De Jons Burger & Torry Coffee didominasi oleh pemuda-pemudi bermobil, wangi dan gaya yang notabene adalah anak-anak dari orang berduit. Sedangkan, warkop WAFA didominasi oleh pemuda-pemudi yang berkendaraan sepeda motor atau bahkan naik angkutan umum dan tidak sekinclong pemuda-pemudi yang ada di Kedai De Jons Burger & Torry Coffee.

Wow, sungguh perbedaan yang mencolok...padahal dua tempat itu ada di jalan yang sama, dan keduanya merupakan kedai atau warung yang banyak dikunjungi orang serta lumayan membuat macet lalu lintas Jl. Tebet Utara III yang tidak besar itu ;)

No comments: